Bupati Suwirta Hadiri Sejumlah Ngaben Massal Di Nusa Penida

Bupati Klungkung I nyoman Suwirta menghadiri sejumlah upacara Ngaben Massal yang dilaksanakan warga kecamatan Nusa Penida, Senin (16/7/2018)."Saya sangat mengapresiasi pelaksanaan ngaben telah dilakukan secara massal dan  bersama-sama dan sekaligus akan dapat meringankan biaya dan beban pekerjaan karena dilakukan secara gotong royong," kata Bupati Suwirta di sela-sela acara tersebut.

Menurut dia, Ngaben sebagai salah satu upacara Pitra Yadnya dan rangkaiannya bagi arwah leluhur merupakan suatu kewajiban yang harus dilaksanakan oleh umat Hindu di Bali sebagai bentuk bakti, penghormatan dan membayar hutang sebagai anak yang telah dibesarkan oleh para leluhur sesuai ajaran Tri Rna.

Ditambahkan dengan berakhirnya Pilkada, selanjutnya Bupati Suwirta mengajak seluruh masyarakat berpartisipasi dalam pembangunan di Klungkung baik generasi tua maupun muda.

Desa yang menggelar ngaben massal diantaranya Tempek Kaja Kangin dan Klod Kauh Banjar Sebunibus Desa Sakti dengan jumlah sawa 72 dan 37. Tempek kaja kangin mengenakan biaya Rp 4,2 juta untuk masing masing sawa, sedangkan tempek Klod Kauh mengenakan Rp 10juta. Ngaben akan dilaksanakan pada tangga 20 Juli dilanjutkan dengan upacara Ngeroras pada tanggal 30 Juli.

Di Br. Adat Biaung Desa Ped diikuti 23 sawa dengan masing masing sawa dikenakan biaya Rp 15jt. Prosesi ngebet sudah dilaksankan tgl 14 juli lalu, dilanjutkan dengan pelaksanaan ngaben pada 17 Juli serta kegiatan Ngeroras dan Nuntun. Kegiatan ini rutin dilakukan setiap 5 tahun sekali ini.

Sedangkan ngaben rombongan didesa Jungutbatu Banjar Kaja Eka Nadi diikuti sebanyak 12 sawa dengan masing masing sawa dikenai biaya Rp 20juta. Ngaben akan dilaksanakan pada 20 Juli mendatang yang dilanjutkan dengan upacara Mepandes pada 25 Juli dan Nuntun pada 2 Agustus.

Turut hadir mendampingin Bupati Suwirta, Ny. Ayu Suwirta dan Camat Nusa Penida.*