Anggara Kliwon Medangsia, Bupati Suwirta dan Wabup Kasta Muspayang Padudusan Agung Pura Sad Kahyangan Goa Lawah

 

Bupati Klungkung, I Nyoman Suwirta bersama Wakil Bupati Klungkung, I Made Kasta menghadiri sekaligus muspayang Upacara Padudusan Agung Pura Sad Kahyangan Goa Lawah, Desa Pakraman Pesinggahan, Kecamatan Dawan, Selasa (15/1/2019). Upacara digelar setiap enam bulan sekali bertepatan dengan Pujawali pada Rahina Anggara Kliwon Medangsia.

Selain dipadati ratusan pemedek, upacara ini juga dihadiri Ida Dalem Smaraputra. Upacara Padudusan Agung dipuput dua Sulinggih yakni Ida Pedanda Istri Anom Keniten dari Geriya Jumpung Anyar Dawan Klod dan Ida Pedanda Darma Sogata dari Geriya Wanasari Karangasem.

Menurut Bendesa Desa Pakraman Pesinggahan, I Wayan Sujana didampingi Panitia Upacara, Putu Juliadi mengatakan, Upacara Pedudusan Agung Pura Sad Kahyangan Goa Lawah dilaksanakan setiap enam bulan sekali bertepatan dengan Pujawali pada Rahina Anggara Kliwon Medangsia. Upacara berlangsung selama tujuh hari dengan prosesi terakhir yakni Nyineb pada Selasa (22/1) mendatang. Diharapkan melalui upacara ini seluruh umat senantiasa diberikan kerahayuan, keselamatan dan keharmonisan alam dengan segala isinya. “Semoga melalui upacara ini Tuhan/Ida Sang Hyang Widhi Wasa selalu memberikan kerahayuan kepada umatnya,” ujar Sujana.

Ia menambahkan, beberapa rangkaian upacara telah dilakukan sebelumnya. Diantaranya Melasti di pantai Segara Goa Lawah, Mapepada dan Pakelem yang dilaksanakan pada Minggu (13/1/2019).

Bupati Klungkung, I Nyoman Suwirta menyampaikan terimakasih kepada pengempon maupun panitia karya yang telah mempersiapkan upacara ini dengan baik. Bupati berharap apa yang menjadi tujuan dari Yadnya ini agar dilandasi dengan ketulusan sehingga umat dan alam beserta isinya selalu mendapat anugerah dari Ida Sang Hyang Widi Wasa. “Semoga apa yang dilaksanakan hari ini selalu mendapat anugerah dari Ida Sang Hyang Widi Wasa,” ujar Bupati Suwirta. *