Kicau Mania Antusias Ikuti Lomba Burung Berkicau KBC Cup 1

Pencinta burung berkicau atau yang lebih dikenal dengan kicau mania antusias mengikuti lomba burung berkicau Anniversary Klungkung Bird Club (KBC) Cup 1 tahun 2019. Lomba burung berkicau yang diadakan dalam rangka Hari Ulang Tahun Klungkung Bird Club (KBC) ke 1 ini diselenggarakan di Lapangan umum Banjarangkan, Minggu (24/02/2019) yang dibuka langsung Bupati Klungkung, I Nyoman Suwirta.

Sejumlah klub burung dan ratusan kicau mania baik yang berasal dari Kabupaten Klungkung maupun luar kabupaten klungkung ambil bagian dalam lomba ini.

Bupati Klungkung, I Nyoman Suwirta saat membuka lomba tersebut mengatakan, ajang lomba Anniversary Klungkung Bird Club Cup I ini menjadi wadah untuk menyalurkan hobi para kicau mania. Pihaknya juga menyampaikan akan senantiasa mendukung acara lomba burung berkicau ini. "Kami (Pemkab) Klungkung akan senantiasa mendukung kegiatan seperti ini," ujarnya.

Bupati Suwirta juga mengatakan bahwa Pihaknya telah menyiapkan sebuah lokasi yang beralamat di jln Ngurah Rai untuk dimanfaatkan sebagai tempat untuk melatih burung berkicau. “Kami (Pemkab) sudah menyiapkan lokasi/tempat di simpang lima yang merupakan hutan kota, jadi itu bisa dimanfaatkan untuk tempat melatih burung berkicau,” Ujar Bupati Suwirta disambut tepuk tangan kicau mania.

Sementara itu, Ketua panitia Anniversary KBC Cup I, Anang di sela sela lomba mengungkapkan bahwa jumlah peserta yang hadir sungguh diluar dugaan. Pasalnya, peserta yang terlibat tidak hanya hanya berasal dari Kabupaten Klungkung, tetapi juga berasal dari beberapa Kabupaten/Kota di Bali seperti Karangasem, Bangli, Gianyar, Badung dan Denpasar. "Kami menyelenggarakan perlombaan kicau burung yang terdiri dari beberapa kelas ini pada dasarnya untuk memperingati hari ulang tahun (HUT) Klungkung Bird Club ke I," ungkapnya.

Anang juga mengatakan, selain sebagai sarana silaturahmi, penyelenggaraan lomba burung berkicau Anniversary KBC Cup I ini juga diharapkan dapat menjadi ruang bagi para pencinta burung menyalurkan hobinya sekaligus menghibur masyarakat. "Kita harapkan para penghobi atau pencinta burung berkicau bisa menyalurkan hobinya, jadi dengan adanya kompetisi-kompetisi yang diadakan dapat menambah semangat yang memelihara burung," imbuhnya.

Dalam perlombaan ini, panitia menyiapkan hadian uang tunai, trophi dan aneka doorprize dengan doorprize utama berupa 1 Ekor Kambing. Adapun kelas yang diperlombakan kali ini diantaranya, Kelas KBC terdiri dari Punglor Merah, Murai Batu, Love Bird Dewasa. Selain itu juga dilombakan kelas Anniversary yang terdiri dari Punglor Merah, Murai Batu, Cukcak Hijau A-B, Love Bird Dewasa A-B, Love Bird Paud dan Kenari STD All Size. Sedangkan dua kelas berikutnya adalah kelas Pink Cellular dan Senggol. *