Bupati Suwirta Hadiri Pujawali di Pura Melanting Pasar Klungkung

 

Bertepatan dengan Rahina Buda Cemeng Klawu, Bupati Klungkung I Nyoman Suwirta bersama Ny, Ayu Suwirta melaksanakan persembahyangan pada puncak piodalan di Pura Melanting Pasar Klungkung, Pura Melanting bertempat di tengah-tengah Pasar Seni Semarapura. Dalam persembhyangan tersebut juga dihadiri Sekretaris Daerah Kabupaten Klungkung I Gede Putu Winastra, Kepala Dinas Koperasi UKM dan Perdagangan Kabupaten Klungkung I Wayan Ardiasa,  Kepala UPT Pasar Semarapura I Komang Widiasa, Rabu (24/4/2019).

Ketua Panitia Pengempon Pura Melanting Pasar Klungkung I Gusti Ngurah Aryanta menyampaikan Pura Melanting ini sebagai tempat suci untuk memuja keagungan Sang Hyang Widhi Wasa. Para pedagang pasar juga dapat memohon agar kelancaran dalam usaha, anugerah kemakmuran dan keselamatan. Persembahyangan diawali dengan melaksanakan Puja Trisandya yang dipuput Ida Pedanda Gede Rai dari Griya Sengguan, Klungkung. “Pura Melanting Pasar Klungkung jatuh setiap enam bulan sekali pada Rahina Buda Cemeng Klawu dan akan disineb pada hari Sabtu, 27 April 2019 mendatang,” ujarnya.

Bupati Suwirta mengapresiasi pelaksanaan pujawali tersebut. bupati berharap masing-masing pengempon pura bisa saling menjaga kerukunan bergotong-royong di dalam melaksankan yadya. “Jaga kerukunan bergotong-royong dalam melaksanakan yadnya agar nantinya segala prosesi upacara hingga selasai bisa berjalan dengan sebaik-baiknya,” harapnya

Selain itu, Bupati Suwirta juga menghadiri Pujawali di Pura Kawitan, Trah Ida I Dewa Madenan Banjar Jelantik Kuribatu, Desa Tojan Kabupaten Klungkung.

Sementara itu, ditempat yang terpisah Wakil Bupati Klungkung I Made Kasta bersama Ny, Sri Kasta juga menghadiri Puncak Upacara Karya Mapepada rangkaian Karya Pedudusan Alit, Mupuk Pedagingan lan Ngenteg Linggih di Pura Paibon Tangkas Kori Agung, Banjar Anyar, Desa Kusamba, Kecamatan Dawan yang dipuput Ida Pedanda Gede Kaniten dari Geriya Dawan dan Ida Pedanda Buda dari Geriya Wanasari. *