Bupati Suwirta dan Ketua TP-PKK Klungkung Ayu Suwirta Terima Penghargaan Manggala Karya Kencana Pada Puncak Peringatan Harganas 2019 di Banjarbaru Kalsel

 

Bupati Klungkung I Nyoman Suwirta dan Ketua TP-PKK Klungkung Ni Nengah Rayu Astini Suwirta menerima piagam penghargaan Manggala Karya Kencana dari Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional di Gedung Mahligai Pancasila Kota Banjarmasin Kalimantan Selatan. Penghargaan ini diterima Ny. Ayu Suwirta dari Kepala BKKBN Hasto Wardoyo, saat puncak perayaan Hari Keluarga Nasional (Harganas) XXVI Tahun 2019yang dipusatkan Kota Banjarbaru, Kalimantan Selatan Jumat (5/7/2019). Penghargaan diraih berkat prestasi yang mononjol dan komitmen serta kepemimpinannya dalam menggerakkanProgram Kependudukan, Keluarga Berencana dan Pembangunan Keluarga untuk mewujudkan Keluarga Kecil Bahagia Sejahtera.

Selain itu, Ny. Ayu Suwirta juga memperoleh penghargaan Pakarti Madya III Tingkat Nasional, untuk kategori Pelaksana Terbaik Perilaku Hidup Bersih Sehat (PHBS) Tahun 2019 yang diwakili oleh Desa Dawan Klod. Penghargaan berupa piala dan piagam diserahkan oleh Ketua Umum TP-PKK dr. Erni Guntarti Tjahjo Kumolo pada hari sebelumnya, Kamis (4/7/2019).

Ny. Ayu Suwirta mengaku sangat bersyukur dan gembira mendapatkan penghargaan ini. Menurutnya ini merupakan hasil kerjasama yang solid antar seluruh anggota TPPKK dengan dukungan Pemkab Klungkung dalam melaksanakan program program PKK. Dirinya pun berbangga, Kabupaten Klungkung menjadi satu satunya kabupaten/Kota di Bali yang meraih penghargaan ini. Dengan raihan ini dirinya mengaku akan semakin meningkatkan semangat anggotanya untuk mengerjakan tugas tugas pokok TPPKK.

Terkait program Pemprov Bali tentang KB Bali dengan empat anak, Ayu Suwirta mengaku pihaknya akan senantiasa mendukung dan menjalankan program dan himbauan dari Pemprov Bali. Namun menurutnya semua akan dikembalikan lagi kepada masyarakat. Dirinya menambahkan Kampung KB di Klungkung tidak membatasi dalam hal jumlah anak, namun lebih fokus bagaimana mensejahterkan seluruh anggota keluarga utamanya anak anak yang dimiliki.

Sementara itu Bupati Nyoman Suwirta dalam kesempatannya menyampaikan rasa syukurnya atas penghargaan ini.  Menurutnya  ini sebagai bukti pengakuan resmi Pemerintah Pusat atas berbagai upaya yang telah dilakukan Pemda Klungkung dalam upaya meningkatkan kesejahteraan keluarga utamanya dalam pemberdayaan KK Miskin. Mulai dari Program Bedah Desa, Angkutan Siswa Gratis, UHC JKN-KIS, Program BIMA JUARA dan sejumlah program pemberdayaan lainnya. “Ini merupakan buah hasil kerja keras kita bersama yang telah menjalankan berbagai program inovatif, setelah penghargaan ini kita akan meningkatkan kinerja kita untuk memberdayakan kk miskin sehingga kemiskinan di Klungkung bisa benar benar berkurang.” ujar Bupati Suwirta.

Kepada seluruh TP- PKK, dirinya berharap supaya tidak hanya melakukan kegiatan seremonial,  namun terus bekerja menjalankan program program PKK serta berinovasi dibidang sandang pangan dan koperasi.*