TMMD Desa Nyanglan Banjarangkan Salah Satu Wujud Pemberdayaan Warga Desa

Bupati Klungkung I Nyoman Suwirta, menghadiri upacara pembukaan TNI Manunggal Masuk Desa (TMMD) Ke 105 Tahun Anggaran 2019, di lapangan umum Pau Desa Tihingan Kecamatan Banjarangkan, Rabu (10/7). Selaku Inspektur upacara adalah Wakil Gubernur Bali Tjokorda Oka Artha Ardana Sukawati mewakili Gubernur Bali.

Dandim 1610 Klungkung Letkol Czi Paulus Joni Simbolon mengatakan program TMMD ke-105 tahun anggaran 2019 akan mengerjakan pembukaan jalan sepanjang 2,2KM dengan lebar 5 M di Desa Nyanglan, kecamatan Banjarangkan. Anggaran berasal dari Pemkab Klungkung sebesar Rp 1 miliar dan dari KODIM 1610 sebesar Rp 300 juta rupiah. Jalan baru ini nantinya akan membuka akses transportasi darat Desa Nyanglan menuju desa Tihingan Kecamatan Banjarangkan. Selain itu pengerjaan jalan ini akan membuka akses jalan menuju Air Terjun yang diberi nama Air Terjun Tirta Tiyasa Udayana. Air terjun ini kedepan akan dikembangkan menjadi objek wisata.

Letkol Czi Paulus Joni Simbolon menambahkan kegiatan TMMD tidak hanya focus pada pembangunan badan jalan, namun juga melakukan pemberian bantuan pembuatan dua buah jamban dan bedah rumah milik salah satu warga miskin bernama Nyoman Arga di desa setempat. Seluruh pembangunan melibatkan 150 orang personel dari unsure TNI, POLRI dan warga sekitar mulai ttanggal 10 juli hingga 8 Agustus 2019. Selama pengerjaan personel TNI akan menginap dirumah penduduk setempat.

Sementara itu Bupati Klungkung I Nyoman Suwirta dalam wawancaranya mengatakan, Desa Nyanglan merupakan desa yang memerlukan terobosan untuk membuka akses karena letaknya yang berada disekitar perbukitan. Dengan pembukaan akses jalan ini diharapkan komoditi pertanian dan mobilitas penduduk bisa seperti desa lainnya yang lebih maju. Menurutnya ini merupakan salah satu program dalam pemberdayaan masyarakat seperti yang tengah gencar dilakukan Pemkab Klungkung.

Terkait bedah rumah yang juga dilakukan dalam TMMD ini, Bupati Suwirta menyampaikan terima kasih karena turut serta dalam upaya Pemkab klungkung menuntaskan Bedah rumah di tahun 2020. Menurutnya ini merupakan bagian kecil dari rencana kedepan Pemkab Klungkung dimana seluruh bedah rumah akan dituntaskan pada tahun 2020.

Wakil Gubernur Bali Tjokorda Oka Artha Ardana Sukawati dalam amanatnya berharap kegiatan seperti ini akan semakin banyak dilakukan. Karena program semacam ini lebih cepat dan efisien. Selain itu hasil dan manfaat dari program TMMD akan dapat langusng dirasakan dan dapat meningkatkan perekonomian masyarakat setempat.

Dalam upacara pembukaan TMMD di lapangan Umum Pau Desa Tihingan ini juga dilangsungkan pasar rakyat, pemeriksaan kesehatan gratis, pelayanan KB, pelayanan SIM keliling,pameran produk pertanian serta hiburan permainan panjat pinang yang berisi sejumlah hadiah. Diakhir acara seluruh undangan bergerak menuju Desa Nyanglan kecamatan Banjarangkan guna memantau lokasi pengerjaan pembukaan jalan.*