Nusa Penida Wakili Klungkung Mengikuti Lomba Kesatuan Gerak PKK-KKBPK-Kesehatan Tingkat Provinsi

Bupati Klungkung, I Nyoman Suwirta menghadiri Penilaian Lomba Kesatuan Gerak PKK-KKBPK-Kesehatan dan Lomba Kegiatan PKK tingkat Provinsi Bali Tahun 2019 di Balai Desa Kutampi Kaler, Kecamatan Nusa Penida, Minggu (24/11/2019) Pagi.

Hadir pula dalam kegiatan tersebut, yakni Ketua TP. PKK Provinsi Bali, Ny. Putri Koster bersama Tim Penilai Lomba, Ketua TP. PKK Kabupaten Klungkung, Ny. Ayu Suwirta, Wakil Ketua TP. PKK Kabupaten Klungkung, Ny. Sri Kasta beserta para anggota, Camat Nusa Penida I Komang Widyasa Putra dan undangan terkait lainnya.

Lomba Kesatuan Gerak PKK-KKBPK-Kesehatan dan Lomba Kegiatan PKK tingkat Provinsi Bali tahun 2019 di Kecamatan Nusa Penida menilai program-program PKK di empat desa. Masing-masing Desa tersebut antara lain yakni Desa Kutampi Kaler, Desa Pejukutan, Desa Batumadeg dan Desa Batukandik.

Dalam kesempatan tersebut, Bupati Suwirta menyampaikan untuk kegiatan kedepannya agar OPD ikut terlibat dalam kegiatan PKK, sehingga kegiatan ini jangan seolah-olah menjadi kegiatan ibu PKK saja. "Untuk kedepan jajaran OPD harus ikut dalam kegiatan PKK," ujar Bupati Suwirta.

Lebih lanjut, Bupati Suwirta juga berharap setelah kegiatan ini selesai nantinya ada tindaklanjut yang pasti dan tidak hanya berhenti sampai disini saja. "Mari bersama-sama bangun kesejahteraan itu dari keluarga, maka pembangunan keseluruhan baik itu dari Kabupaten, Provinsi akan bisa nantinya berjalan dengan sebaik-baiknya," harap Bupati Suwirta.

Ketua TP. PKK Provinsi Bali, Ny Putri Koster menyampaikan rasa apresiasinya setelah menyaksikan sambutan kegiatan ini di Nusa Penida. "Saya merasa kagum dengan kreatifitas dan inovasi masyarakat Nusa Penida," ujar Ny. Putri Koster.

Selain itu, Ny. Putri Koster mengatakan kegiatan lomba ini merupakan program dari PKK Provinsi dalam rangka Hari Kesatuan Gerak yang nantinya akan mewakili Provinsi ke tingkat Nasional. Kegiatan ini rutin dilakukan setiap setahun sekali. "Melalui kegiatan lomba ini kami mengajak seluruh ibu-ibu PKK menjaga kesehatan itu penting, supaya kita tidak terkena kanker servic misalnya dan bagaimana kita untuk selalu ingat menata halaman rumah dengan baik," harapya.

Sementara itu, Laporan Ketua Tim Penggerak PKK Desa yang dibacakan Ketua TP PKK Desa Pejukutan, Ny. Ayu Widiadnyani Arya menyatakan siap untuk dinilai. Desa-desa yang mewakili lomba ini antara lain, yakni Desa Kutampi Kaler dengan mewakili dua jenis lomba yaitu Pola Asuh Anak, Remaja Pencita Kasih dan Hatinya PKK yang kedua Desa Batumadeg juga mewakili dua lomba yaitu Lomba Posyandu dan Hipates kemudian Desa Batukandik mewakili empat jenis lomba kesatuan gerak PKK, KKBPK Kesehatan, Administrasi PKK, PHDS dan RPS dan terakhir Desa Pajukutan mewakili lomba UP2PKK. "Semoga pelaksanaan lomba ini bisa berjalan dengan baik," harapnya.*