Bupati Suwirta Terima Audiensi STT-PLN Jakarta, Tindaklanjuti Kerjasama TOSS

Bupati Klungkung I Nyoman Suwirta bersama Sekretaris Daerah Kabupaten Klungkung I Gede Putu Winastra dan Kepala Dinas Lingkungan Hdup dan Pertanahan Anak Agung Kirana menerima audiensi rombongan dari Sekolah Tinggi Teknik PLN (STT-PLN) Jakarta di ruang rapat Bupati Klungkung, Selasa (11/2). Rombongan datang dengan dipimpin oleh Ketua STT-PLN yang baru yakni Prof. Dr. Ir. Iwa Garniwa Mulyana K. MT. Pertemuan ini, selain untuk perkenalan Rektor STT PLN yang baru juga untuk menindaklanjuti kerjasama terkait teknologi pengolahan sampah TOSS antara Pemkab Klungkung, Indonesia Power dengan STT PLN.

Dalam sambutannya Bupati Suwirta mengatakan, kerjasama antara Pemkab Klungkung, Indonesia Power dan STT PLN sudah berjalan sangat panjang sejak tahun 2016 lalu. Penerapan teknologi TOSS dalam penanganan sampah di Klungkung telah mampu mengantarkan Klungkung meraih Top 40 Inovasi Pelayanan Publik. Berkat teknologi ini pula Klungkung telah banyak dikunjungi pejabat dari daerah hingga pusat. Bahkan dirinya sempat diundang beberapa kali sebagai narasumber dalam seminar nasional tentang penerpan teknologi pengolahan sampah. Bupati Suwirta sangat berharap teknologi TOSS akan terus berkembang dan menjadi lebih sederhana, serta fokus supaya benar benar bisa mengatasi pemasalahan sampah.


“ Kerjasama kita harus terus berlanjut,TOSS supaya berkembang menjadi lebih simpel dan supaya fokus pada pengolahan dan pengurangan sampah, sehingga benar benar mampu mengatasi sampah di Klungkung. Mohon kerjasama yang baik dan berkelanjutan, siapan pun ketuanya program harus berjalan.” ujar Bupati Suwirta.

Sementara, Rektor STT PLN, Prof. Dr. Ir. Iwa Garniwa Mulyana K. MT., mengatakan dirinya telah diangkat menjadi Ketua STT-PLN Periode 2019-2023 beberapa bulan yang lalu. Menurutnya kerjasama STT PLN dengan Pemda Klungkung merupakan potensi yang besar bagi nya. Kedepan kerjasama dalam penanganan sampah di Klungkung akan semakin dikuatkan. Kerjasama yang dilakukan nantinya selain melakukan pendampingan pemenfaatan teknologi TOSS, juga akan melakukan kajian yang lebih jauh serta mengembangkan teknologi ini sehingga bisa benar benar bisa mengatasi persoalan sampah di Klungkung. Dirinya menegaskan komitmennya untuk melanjutkan kerjasama dan mengembangkan teknologi TOSS ini.*

SALAM GEMA SANTI