Pemkab Klungkung Lakukan Penyemprotan Desinfektan, Antisipasi Penyebaran Wabah Covid-19

Menindaklanjuti himbauan Pemprov Bali tentang penyemprotan desinfektan serentak, Pemkab Klungkung melakukan penyemprotan dengan menerjunkan tim dari Dinas Kesehatan Klungkung, Minggu (15/3/2020). Dengan membagi tugas, Bupati Klungkung I Nyoman Suwirta memimpin penyemprotan di pelabuhan Tribuana Kusamba dan pelabuhan Sampalan, Nusa Penida. Sementara penyemprotan di pelabuhan Banjar Bias Kusamba dipimpin Wakil Bupati Klungkung I Made Kasta. Selain pelabuhan, tim dari Dinas Kesehatan juga melakukan penyemprotan desinfektan di tempat-tempat umum lainnya.
 
Menurut Bupati Suwirta, sebelum himbauan itu turun pihaknya juga telah menginstruksikan jajarannya untuk melakukan penyemprotan dan menyiapkan cairan anti septik dipintu-pintu masuk perkantoran maupun tempat umum lainnya. Dengan ini diharapkan bisa mengantisipasi sejak dini penyebaran wabah covid-19. Kegiatan ini diharapkan dapat dilakukan oleh semua OPD Pemkab Klungkung dan partisipasi aktif para pengusaha. "Kita hari ini melakukan penyemprotan dengan mendatangi tempat-tempat umum di Klungkung daratan maupun kepulauan," ujar Bupati Suwirta.
 
Menyikapi penyebaran wabah covid-19 ini, Bupati Suwirta mengimbau masyarakat untuk tidak panik. Menurut Bupati, selain melakukan penyemprotan desinfektan, pihaknya mengajak masyarakat untuk selalu menjaga kesehatan dengan menerapkan pola hidup sehat dan bersih. Selain menjaga kesehatan diri, kebersihan lingkungan juga perlu diperhatikan.
 
Sementara itu, disinggung mengenai perlu tidaknya meliburkan siswa seperti daerah lain, Bupati Suwirta mengaku akan merapatkan terlebih dahulu karena tidak bisa serta merta meliburkan begitu saja. Terkait hal ini pula, pihaknya mengaku masih menunggu keputusan ataupun instruksi Gubernur Bali.*
 
SALAM GEMA SANTI