Bupati Suwirta Geram Lihat Pedagang "Bengkung" Berjualan di Terminal

Bupati Klungkung, I Nyoman Suwirta kembali dibuat geram melihat sejumlah pedagang bermobil masih nekat berjualan di area terminal Galiran, Jumat (10/4). Bupati Suwirta yang saat itu melakukan pemantauan terhadap kepatuhan masyarakat akan instruksi pemerintah tentang pencegahan penyebaran wabah covid-19 langsung memberikan pengarahan kepada para pedagang yang bengkung (membandel). Tindakan tegas pun langsung diberikan Bupati Suwirta kepada mereka. "Saya sudah berapakali menegurnya, ada saja pedagang yang masih bengkung berjualan di dalam terminal. Terminal ini sebagai tempat parkir, jangan melakukan transaksi jual beli dan mengecer dagangan didalam terminal. Para pedagang hanya dibolehkan mengedrop dagangannya," ujar Bupati Suwirta didampingi Kadis Koperasi UMKM, dan Perdagangan Kabupaten Klungkung, I Wayan Ardiasa, Kepala UPT. Pasar Semarapura, I Komang Sugianta dan Kasat PolPP dan Damkar Kabupaten Klungkung Putu Suarta.

Bupati juga mengimbau dan memberikan pengarahan kepada para pedagang yang berjualan didalam pasar galiran. Dimana pasar sebagai salah satu tempat umum yang menjadi sentra jual beli yang melibatkan banyak orang, harus dijaga dan dipantau kebersihannya sebagai antisipasi ditengah pandemi virus covid-19 yang mewabah saat ini.

Selain pencegahan penyebaran virus covid-19, Bupati Suwirta juga mengingatkan akan penyebaran penyakit demam berdarah dengue (DBD) yang terjadi bersamaan dengan virus covid-19. Bupati Suwirta berharap para pedagang tetap menjaga kebersihan disekeliling tempat berjualan serta memperhatikan kerapian kios dengan tidak menaruh barang dilorong jalan.

"Kami terus berupaya semaksimal mungkin menangkal penyebaran virus covid-19 dan Penyebaran penyakit demam berdarah dengue (DBD). Salah satunya lewat himbauan dan sosialisasi kepada masyarakat tata cara pencegahan serta mengedukasi pedagang untuk sadar dalam menerapkan pola hidup bersih dengan menjaga kebersihan kios-masing-masing, rajin cuci tangan, menjaga jarak sebagai antisipasi dini penyebaran virus covid-19," ujar Bupati Suwirta.*

SALAM GEMA SANTI