Bupati Suwirta Turun Berikan Motivasi Warganya Yang Terdampak Virus Corona

Bupati Klungkung I Nyoman Suwirta mengunjungi warganya di Kampung Toya Pakeh dan Banjar Nyuh, Kecamatan Nusa Penida, Minggu (12/4) pagi. Hal ini dilakukan guna mendengar aspirasi dan memberikan motivasi warga yang terkena imbas dari wabah covid-19. Warga yang ditemui diantaranya para juragan jukung, pengemudi angkutan wisata, pemilik sewa motor serta warga setempat yang berprofesi sebagai pedagang.
 
Dalam kehadirannya, Bupati Suwirta mendapati warga yang biasanya sibuk bekerja mengejar rupiah dan dolar kini hanya duduk sambil berbincang sesama warga. Beberapa dari mereka juga nyeletuk bahwa belakangan ini keadaan sektor pariwisata Nusa Penida sedang sangat sulit. Tiap hari hampir tidak pernah ada wisatawan yang berkunjung.
 
Mendengar keluhan itu, Bupati Suwirta menyatakan situasi seperti ini sudah bisa ditebak akan terjadi, seperti ketika terjadi erupsi Gunung Agung. Jangka waktunya pun tidak akan sebentar dan tidak bisa ditebak. Kepada warga yang ditemuinya Bupati asal Nusa Ceningan ini menceritakan bahwa dampak Covid-19 tidak hanya terjadi dan dirasakan di Nusa Penida dan Bali, namun diseluruh dunia dan diberbagai sektor.
 
Maka dari itu pihaknya mengingatkan, saat bisa menghasilkan sesuatu yang lebih supaya jangan dihabiskan, namun hasil itu sebagian ditabung sehingga ketika terjadi sebuah bencana tak terduga kita bisa siap dan bisa bertahan. Warga juga didorong supaya tidak hanya mengandalkan sektor pariwisata sebagai penopang hidup. Namun juga menggarap sektor lain seperti laut, pertanian dan lainnya sesuai potensi yang ada supaya bisa bertahan hidup ketika terjadi situasi seperti sekarang.
 
"Saya tidak akan buru-buru untuk langsung memberikan bantuan sembako karena saya akan menunggu disaat yang tepat dimana masyarakat sudah benar-benar tidak mampu dalam memenuhi kebutuhannya.
Mari kita lalui dulu suasana ini sembari instrospeksi diri. Kalau ingin hal ini cepat berlalu, maka ikutlah anjuran pemerintah, diam dirumah, kurangi aktivitas diluar jaga kebersihan dan kesehatan serta isolasi mandiri bagi warga yang baru datang dari berpergian keluar daerah maupun keluar negeri," ujar Bupati Suwirta.*
 
SALAM GEMA SANTI